Keseruan Hari Guru

Aroma hari guru yang jatuh setiap tanggal 25 November masih tetap saja menyengat. Meskipun hari ini tanggal 28 November 2022, kemeriahan belum juga pudar. Bahkan lebih heboh, karena perayaan kali ini bersama dengan siswa. Kebersamaan ini tidak mungkin akan terlupakan, walaupun waktu terus menggilas. Kenangan yang terukir bersama siswa akan tetap membekas meski usia mengiris zaman. Ada kalanya harus pasang badan, dan menancapkan wajah yang beringas. Ada kalanya, guru harus mengikuti ritme siswa. Apa maunya siswa, guru hanya bisa mengiringi tanpa meninggalkan prinsip akhlak.

Upacara hari ini demikian istimewa. Berbagai lapisan masyarakat turut memeriahkan, tak kurang dari unsur Kepolisian. Mereka berbaur menjadi satu dengan keluarga besar SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Mereka tak sungkan untuk menjadi bagian dalam mencerdaskan bangsa, yang bukan hanya urusan cognitif. Bersinergi menjadi satu, dalam mewujudkan kekokohan bangsa. Saling menopang untuk menautkan setiap sendi, agar benang kesatuan menjadi kuat.

Guru, siswa, dan masyarakat adalah tiga elemen yang tidak terpisahkan dari pendidikan. Ketiganya saling menautkan. Tidak mungkin menafikan salah satu diantaranya. Beberapa kegiatan yang telah kami laksanakan juga selalu melibatkan ketiga unsur tersebut.