Great. Membrong Dua Kejuaraan

Hari jum’at memang benar-benar hari keberkahan, hari penuh hidayah. Peristiwa-peristiwa penting, terkadang bertepatan dengan hari jum’at. Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 tepat hari jum’at legi.

SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta pun mendapat anugerah pas di hari Jum’at legi, tanggal 16 Desember 2022. Kado manis akhir tahun, berupa dua penghargaan sekaligus. Rinciannya adalah, juara 2 untuk stand terbaik tingkat SMP dan juara 2 untuk stand terfavorit tingkat SMP, pada acara Pameran Pendidikan yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Propinsi DIY.

Meskipun jadwal kegiatan demikian crowded, setelah selama delapan hari melaksanakan Penilaian Akhir Semester Ganjil. Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras panitia, dan dukungan keluarga besar SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

Semangat berkompetisi selalu dikobarkan dalam setiap moment. Kompetisi atau persaingan merupakan perasaan dimana individua tau kelompok (institusi) tidak mau kalah dari individua tau komunitas lainnya. Kompetisi atau persaingan diartikan sebagai usaha untuk memperlihatkan keunggulan masing-masing.

Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, proses hingga output harus berkelindan satu dengan yang lain. Masing-masing poros memiliki karakteristik tersendiri, namun antar poros harus terkait erat. Penyelenggara, telah melakukan assessment kepada semua peserta (stand) dengan jeli. Tidak harus yang terlihat mewah pasti mendapatkan juara. Penyelenggara, lebih menakankan pada proses, yang justru ini menjadi inti dari bagian manajemen.

Akhirnya SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Pameran Pendidikan yang focus terhadap hasil karya insan Pendidikan.