Great Class Meeting

Setelah delapan hari, otak dipaksa untuk berjibaku dengan soal-soal Penilaian Akhir Semester (30 November – 9 Desember 2022), saatnya untuk refresing. Pemutahiran otak dan hati dibungkus dalam sebuah wadah class meeting. Kegiatan rutin ini selalu digelar sesaat setelah penilaian. Tahun ini SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta melaksanakan hanya di lingkungan sekolah. Adapun macam class meeting antara lain: Bola voly, Bola tangan, Bakiak damn Mobile Legends. Kali ini Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) atau OSIS berperan besar untuk menanganinya.

Manfaat class meting antara lain : Pertama, mengendorkan saraf. Ujian semester atau penilaian akhir akan menyedot banyak energi tubuh maupun otak. Saraf menjadi tegang sehingga perlu dikendorkan. Kedua, menyalurkan bakat dan minat siswa. Siswa memiliki bakat dan minat sesuai dengan karakternya masing-masing. Bakat seni, budaya, olah raga, keagamaan akan tersalurkan lewat class meeting.

Ketiga, Mencari bibit prestasi dibidang ekstra kurikuler. Melalui kegiatan class meeting akan ditemukan bakat siswa yang sesungguhnya. Setelah ditemukan, lanjut dengan pembinaan yang intensif. Keempat, Mempererat tali silaturahmi siswa. Dengan kegiatan yang mengandalkan kompetensi siswa, maka akan terjalin hubungan yang lebih erat. Karena dalam Class meeting itu, aturan dibuat bersama, dijunjung bersama dan dilaksanakan bersama. Kelima, melatih mental bersaing yang sehat. Perlombaan dan serta pertandingan bernilai persaingan untuk memperoleh hasil terbaik. Siswa harus bersaing secara sehat dan sportif dalam meraih kemenangan atas siswa yang lain. Kalau atau menang bukan persoalan. Dalam setiap perlombaan ada yang menang ada yang kalah.