Duabelas Manfaat Membaca Al Qur'an

oleh : Rahmat, S.Pd.

Hari kesepuluh ramadhan 1442 H

Sebagaimana kita ketahui bersama , Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Dengan Al-Quran, hidup kita akan terarah dan berada di jalan yang benar. Selain mengarahkan hidup kita ke jalan yang benar Al-Quran juga memiliki banyak keutamaan jika kita membacanya. Membaca Al-Quran termasuk ibadah yang paling utama yang memiliki berbagai keutamaan terlebih bila dilakukan pada bulan Ramadhan bulan penuh berkah dan pahala.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh an-Nu’man ibn Basyir yang artinya: Rasuluallah shallahu’alaihi wassallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

Manfaat membaca Al-Quran di rumah memang begitu menakjubkan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Maka dari itu membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan pada bulan Ramadhan bagi umat Islam.

Melansir dari http://merdeka.com dengan sedikit perubahan,  setidaknya ada dua belas manfaat membaca Al-Quran yaitu :

1. Rumah Menjadi Bercahaya

Oleh Rasulullah SAW manfaat membaca Al-Quran di rumah diumpamakan seperti manusia. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati.

Imam an-Nawawi berkata: Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah Azza wa Jalla (termasuk membaca al-Qur-an dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya).” Hadis yang mulia ini menunjukkan bahwa rumah yang selalu diisi dengan bacaan Al-Quran dan zikir akan selalu hidup dan bercahaya, serta menjadi motivasi bagi para penghuninya untuk giat melakukan ketaatan kepada Allah SWT.

2. Tidak Akan Ada Sesat dan Celaka

Orang-orang yang membiasakan diri rutin membaca Al-Quran tidak akan sesat dan celaka. Hal ini menjadi salah satu manfaat membaca Al-Quran di rumah yang sangat penting.

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celakaā€¯ (QS Thaahaa: 123).

3. Mengusir Setan dari Rumah

Di antara manfaat membaca Al-Quran di rumah adalah untuk mengusir setan, musuh utama yang selalu mengajak manusia untuk berbuat buruk. Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala,” (QS Faathir: 6).

4. Menjadi Penawar Penyakit Fisik dan Hati

Selain itu, manfaat membaca Al-Quran di rumah berikutnya dapat menjadi penawar penyakit dan menentramkan hati. Allah SWT berfirman: “Dan Kami turunkan di dalam al-Quran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman,” (QS al-Israa: 82). Jadi, bagi kamu yang sedang memiliki penyakit baik fisik maupun penyakit hati, kamu bisa menemukan obatnya dengan manfaat membaca Al-Quran di rumah ini.

5. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Manfaat membaca Al-Quran di rumah berikutnya adalah mendapat pahala yang berlipat. Karena menggunakan bahasa Arab. Sebagian orang mungkin akan kesulitan saat mempelajarinya. Namun Allah SWT maha baik, Dia tidak akan menyia-nyiakan usaha hambanya. Bahkan orang terbata-bata sekalipun justru mendapatkan dua kebaikan, yaitu pahala membaca dan pahala usahanya dalam membaca Al-Qura’an.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Yang mahir membaca al Quran bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca al Quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala,” (HR. Bukhari / 4937 dan Muslim / 798)

6. Memberi Syafaat Pada Hari Kiamat

Membaca Al-Quran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar. Seperti hadits yang menyatakan bahwa: “Bacalah bait Al-Quran karena sesuyngguhnya pada hari kiamat nanti akan datng memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya,” (HR. Muslim)

7. Menenangkan Hati

Membaca Al-Quran dapat menenangkan pikiran dan batin serta cara agar hati tenang dan dapat pula menjadikan rasa cinta terhadap Allah SWT. Terhadap semua nabi dan rasul serta para malaikat menjadi lebih kuat.Sesuai dengan firman Allah taala yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-rad pada ayat 28: “Orang orang yang beriman akan memiliki hati yanag tenang dan tenteram jika selalau ingta denagn Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram.”

8. Menambah Iman

Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW, bahwa Iman itu selalu bertambah dan berkurang. Kondisi iman akan selalu berubah ubah setiap waktunya. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita harus selalu berusaha untuk menjaga iman agar selalu berada dalam kondisi yang baik. Bahkan, jika memungkinkan, untuk selalu bertambah setiap saat. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara mempertahankan dan menambah keimanan?

Salah satu caranya, adalah dengan rajin membaca Al-Quran. Semakin rajin membaca kitab Allah, maka semakin dekat dengan Allah. Semakin jiwa tersadarkan dengan keajaiban Al-Quran, dengan keindahan bahasa dan muatanya. Ketakjuban ini dapat menambah keimanan kepada Allah.

9. Mencerdaskan

Orang tua tentunya ingin anak-anaknya menjadi insan yang cerdas. Selain pola belajar yang baik, ternyata membaca Al-Quran mampu meningkatkan kecerdasan. Bahasa alquran sendiri merupakan Bahasa arab yang tinggi dan membutuhkan kemampuan otak. Semakin sering membaca Al-Quran, maka, otak akan semakin terlatih.

Surat Al-Kahfi juga memiliki keuntungan untuk memberikan cahaya kepada pembacanya. Cahaya ini dapat memberikan sinar yang membuat pembacanya dapat melihat fenomena alam dan membedakan mana yang baik dan buruk. Dengan pengetahuan ini, tentunya orang yang rajin membaca surat Al-Kahfi akan menjadi semakin cerdas.

10. Diangkat Derajatnya

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al-Quran dan mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari.

11. Memperoleh Kemuliaan dan Diberi Rahmat Kepada Ibu Bapaknya

Siapa yang membaca Al-Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Quran), (HR. Abu Daud).

12. Pahala bagi Orang yang Anaknya Mempelajari Al-Quran

Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, Bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu? Dijawab, Karena anakmu telah membawa Al-Quran, (HR. Al-Hakim).

Semoga kita semua mendapat manfaat dari.membaca Al quran sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama di JannahNya. Aamiin