Info Sekolah
Kamis, 30 Nov 2023
  • Selamat Hari Pendidikan Nasional
  • Selamat Hari Pendidikan Nasional
9 November 2022

Kinerja Kepala Sekolah

Rabu, 9 November 2022 Kategori : Uncategorized

Kembali digelar, Penilaian Kinerja Kepala SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta (PKKS). Rabu, 9 November 2022, dilakukan penilaian terhadap kinerja Kepala Sekolah. PKKS ini bukan hanya meneropong evaluasi kepala sekolah, namun mencerminkan semua aktivitas sekolah. 

Kinerja kepala sekolah adalah hasil kerja yang dicapai kepala  sekolah sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Itulah yang melatarbelakangi adanya agenda tahunan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga Kota Yogyakarta.

Penilaian kinerja kepala sekolah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala sekolah. Tugas pokok kepala sekolah adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah yang dipimpinnya. 

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Tugas tersebut antara lain sebagai : pendidik (edukator), manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Menilik beban tugas tersebut, maka kepala sekolah harus bijak memilih personal yang akan membantu. 

Dibawah bimbingan Bapak Drs. Marsono, MM sebagai pengawas, SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta terus melaju sesuai dengan rel yang telah digariskan. Adapun berprestasi, stagnan ataupun kemunduran, sangat tergantung dari mempermainkan antara pedal gas dan rem. Ingin lari kencang, injak gas. Tapi ingat, tanpa rem dapat menyebabkan masuk jurang. Ingin nyaman sesaat, tekan pedal rem. Tapi bergerak ditempat, sudah pasti ditinggal zaman. Keduanya diatur secara ritmis, agar perjalanan men jadi nyaman, selamat sampai tujuan.

Penilian tahun ini tetap penekanan pada delapan standar, yang meliputi Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, dan penilaian. 

Tulisan Lainnya